ignatiusardy199bhe

Just another WordPress.com site

FUNGSI VALUTA ASING

FUNGSI VALUTA ASING

Fungsi Valas atau Fungsi Valuta Asing adalah suatu mekanisme dimana orang dapat mentransfer daya beli antar negara, memperoleh atau menyediakan kredit untuk transaksi perdagangan internasioanal, dan meminimalkan kemungkina resiko kerugian (exposure of risk) akibat terjadinya fluktuasi kurs suatu mata uang, dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa fungsi valuta asing antara lain:
1. Transfer daya beli
2. Penyediaan kredit
3. Mengurangi resiko valuta asing

Transfer Daya Beli (Transfer of purcahsing power) Sangat diperlukan terutama dalam perdagangan internasioanal dan transaksi modal yang biasanya melibatkan pihak-pihak yang tinggal di negara yang memiliki mata uang yang berbeda.

Penyediaan Kredit Pengiriman barangantarnegara dalam perdagangan internasional membutuhkan waktu, oleh karena itu haru ada suatu cara untuk membiayai barang-barang dalam perjalanan pengiriman tersebut termasuk setelah barang sampai ke tempat tujuan yang basanya memerlukan beberapa waktu untuk membiayai barang-barang dalam perjalanan pengiriman tersebut termasuk setelah barang sampai ke tujuan yang biasanya memerlukan beberapa waktu untuk kemudian dijual kepada pembeli.

Mengurangi Resiko Valas. Importir mengharapkan memperoleh keuntungan dalam usaha perdagangan. Dalam kondisi normal dari kemungkinan risiko yang tidak diperkirakanmisalnya terjadi perubahan kurs. yang tiba-tiba sehingga mempengaruhi besarnya keuntungan yang telah diperkirakan.

Peserta Dalam Pasar Valas Transaksi di pasar valuta asing terdiri atas dua jenis tingkatan, yaitu : antarbank atau wholesale market dan klien atau retail market. Transaksi individu dalam pasar antarbank biasanya berjumlah sangat besar misalnya dalam kelipatan jutaan dolar. Sedangkan kontrak antar bank dengan nasabahnya biasanya dibuat dalam jumlah tertentu dan bisa dalam jumah yang relatif kecil. Peserta yang aktif melakukan transaksi pada dua tingkatan pasar diatas terdiri atas 4 golongan yaitu sebagai berikut :
Dealer Valas Bank dan Non Bank : Sering berfungsi sebagai market maker. Mereka bersedia menjual dan membeli valas yang mereka khususkan.
Perusahaan dan Individu : Menggunakan pasar valas untuk mempermudah pelaksanaan transfer investasi atau komerial. Tersiri dari importir, investor portofolio internasional, perusahaan multinasional. Pasar valuta asing digunakan mereka untuk tujuan investasi.
Spekulator dan Arbitrase : Melakukan transaksi dalam pasar valuta asing untuk memperoleh keuntungan.
Bank sentral : Menggunakan pasar ini untuk memperoleh cadangan devisa dan juga mempengaruhi harga dimana mata uangany diperdagangkan. Bank sentral mungkin melakukan langah-langkah yang semata-mata dimaksudkan untuk mendukung atau menongkrak nilai mata uang sendiri.
Demikian Fungsi Valas semoga bisa bermanfaat sebagai reperensi pengetahuan untuk dapat memahamii valas dan dapat berbisnis valas secara online.

http://forex-valas-marketiva.blogspot.com/2011/03/fungsi-valas.html

« VALUTA ASING


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: